Kemah Besar Akhiri Latihan Rutin Pramuka Tahun 2010/2011

Perkemahan besar akhir tahun pelajaran 2010/2011 gugus depan XI.06.03.095-096 yang berpangkalan di SMA Negeri 9 Purworejo dilaksanakan selama tiga hari dua malam. Kegiatan tersebut dibuka pada hari Rabu tanggal 15 Juni 2011 pada pukul 10.00 dengan ditandai pemukulan gong oleh Ka. Mabigus selaku pembina upacara. Peserta terdiri atas anggota penegak kelas X yang keseluruhannya berjumlah 150 orang siswa, terdiri atas 93 siswa putri dan 57 siswa putra.




Panitia adalah para senior mereka yang kini duduk di bangku kelas XI, yang kesemuanya berjumlah 27 orang. Dewan pembina yang berjumlah sekitar 15 orang juga ikut aktif mendampingi kegiatan tersebut. Juga hadir para aktifis pramuka yang sudah lulus dari SMA Negeri 9 Purworejo. Perkemahan dilaksanakan di halaman sekolah dengan mendirikan 16 buah tenda.




Dalam kesempatan pembukaan perkemahan, Ka. Mabigus mengatakan bahwa kegiatan pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan yang sangat baik untuk membina karakter generasi muda, yang pada saatnya nanti akan menerima tongkat estafet kepemimpinan untuk melanjutkan perjuangan para pendahulunya. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan berbagai acara penting, di antaranya: ceramah agama/ pengajian, penyuluhan kamtibmas oleh kepolisian, penyuluhan bahaya narkoba oleh dokter Puskesmas Bubutan, dan pemutaran film kepahlawanan sekitar perjuangan arek-arek Surabaya menumpas penjajah Belanda. Acara penting yang merupakan agenda khusus kepramukaan adalah wide game, lintas malam, renungan, api unggun dan pentas seni. Beberapa jenis lomba juga mewarnai kegiatan kemah besar tutup tahun.

Satu hal yang sangat mengesankan pada kegiatan perkemahan ini adalah bahwa acara renungan malam yang dipimpin oleh Kak Imam Maslah selaku pembina gudep dilaksanakan bertepatan dengan gerhana bulan total, yang terjadi pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2011 dari sekitar pukul 01.20 s.d. 03.05 dini hari, yang merupakan malam pertama kegiatan perkemahan. Sedangkan pada malam kedua dilakukan api unggun, pentas seni, dan lintas alam dengan menempuh route kurang lebih 3.5 km yang sebagian besar melewati wilayah Desa Nampurejo.

Kegiatan perkemahan ditutup dengan upacara yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Juni 2011 pada pukul 10.00 WIB, dengan didahului oleh acara bongkar tenda dan kebersihan lingkungan. Penutupan kemah ini dilaksanakan tepat satu hari sebelum hari kenaikan kelas tahun pelajaran 2010/2011.


    Kirim Komentar