LDK OSIS 2011/2012 Diakhiri dengan Kemah

Untuk mempersiapkan para calon pengurus OSIS SMA Negeri 9 Purworejo tahun 2011/2012, Sekolah, dalam hal ini Bagian Kesiswaan, telah melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para pengurus OSIS baru yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 27 Juli 2011 sampai dengan Sabtu, 30 Juli 2011. LDK diikuti oleh sekitar 60 orang siswa yang terdiri atas para calon pengurus baru dan para perwakilan kelas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di luar jam pelajaran sehingga sama sekali tidak mengganggu kegiatan belajar-mengajar. Hari pertama dan kedua, LDK dilaksanakan pada sore hari dengan diisi pemberian materi oleh para Pembina OSIS.
Pada hari pertama kegiatan, dilaksanakan upacara pembukaan dengan Pembina upacara Bapak Tri Sewaya, S.Pd. Kegiatan berlanjut dengan pemberian materi oleh Bapak Drs. Yuli Siswanto tentang “Tata Cara Berpendapat dalam Organisasi” dan pemberian berbagai masukan tentang OSIS oleh Bapak Tri Sewaya, S.Pd. Pada hari keduanya, disampaikan materi tentang kepemimpinan oleh Bapak Drs. Kolib Sugiarto dan Bapak Drs. H. Sihmanto, serta penjelasan tentang ketertiban siswa oleh Ibu Sri Wahjuningsih, S.Pd. dan Bapak Asmawi, S.Ag. Beliau menyatakan bahwa setiap pengurus OSIS wajib mampu member contoh dan teladan kepada siswa-siswi lainnya dalam hal ketertiban dan kesiplinan.
Hariketiga LDK , yakni Jumat, 29 Juli 2011, LDK dilakukan dengan mengadakan kemah yang dimulai pukul 14.00 WIB. Setelah memperoleh pengarahan dari panitia, para peserta mendirikan tendanya masing-masing dan dilanjutkan dengan kegiatan mengerjakan soal-soal pengetahuan umum yang telah disediakan oleh panitia serta PBB. Dari pukul 17.00 s.d. 18.00 kegiatan ISOMA disediakan kepada masing-masing peserta. Sholat maghrib pun dilaksanakan secara berjamaah di musholla.
Pada pukul 18.45 WIB para peserta mendapatkan materi tentang bagaimana cara membuat proposal dan rencana anggaran untuk melaksanakan sebuah kegiatan. Lantas pada pukul pukul 19.30 WIB para peserta bergegas untuk melaksanakan ibadah sholat isya dan dilanjutkan acara selanjutnya yaitu ‘’ Api Unggun dan PENSI’’. Masing – masing kelompok wajib menampilkan satu pementasan kesenian secara bebas , baik berupa pembacaan puisi, pementasan drama, nyanyi dll. Malam pun semakin larut, oleh karena itu, semua peserta masuk ketenda masing – masing untuk beristirahat pada pukul 11.00 WIB. Waktu istirahat sampai pukul 03.00 WIB . Acara dilanjutkan dengan lintas malam. Para peserta wajib mengikuti lintas malam untuk mengukur keberanian , kecerdasan, kesiapan, dan kemampun peserta dalam melaksanakan tugas. Pada lintas malam terdapat beberapa pos untuk menguji para peserta seperti pos pengetehuan umum, agama, rintangan, visi misi, dan pos PBB. Setelah itu, mereka istirahat dan sholat shubuh.
Pada hari keempat, yakni Sabtu, 30 Juli 2011, yang kebetulan sudah merupakan hari pertama libur menjelang ramadhan, para peserta mengikuti game dan olah raga pagi. Juga dilanjutkan dengan PBB setelah makan pagi. Upacara penutupan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, setelah kegiatan bersih lingkungan. Bertindak sebagai Pembina upacara adalah Ibu Dyah Ratnaningrum, S. Pd.
LDK OSIS tahun 2011/2012 pun usai dua hari sebelum Ramadhan tiba. Semoga LDK kali ini akan memunculkan pengurus OSIS yang bertanggung jawab, tegas, dan berwibawa. Amien.
 


    Kirim Komentar