PENGAJIAN AKBAR DAN MABIT DALAM RANGKA PESANTREN KILAT RAMADHAN 1432 H

Salah satu acara penting dalam mengisi kegiatan ramadhan 1432 H pada tingkat sekolah adalah penyelenggaraan pesantren kilat, yang untuk SMA Negeri 9 Purworejo dilaksanakan dari tanggal 20 s.d. 22 Agustus 2011. Untuk tahun ini kegiatan pesantren kilat tersebut dilaksanakan dalam bentuk pengajian akbar, malam bina taqwa, pemberian materi di kelas, serta pengumpulan zakat fitrah.

Acara pengajian akbar dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2011 bertempat di halaman sekolah dengan mendirikan tenda/ tratag. Pengajian diikuti oleh seluruh siswa yang beragama Islam dan menghadirkan ustad Sugito, S. Pd, M.PdI., berlangsung dari pukul 09.00 s.d. 11.00. Hadir pula dalam kesempatan tersebut para guru pengampu dan para mahasiswa PPL. Topik ceramah adalah seputar upaya yang harus kita lakukan agar puasa kita dapat betul-betul diterima oleh Alloh Swt.

Sorenya diadakan kegiatan buka bersama dengan menghadirkan para pengurus OSIS, pengurus Rohis, para mahasiswa PPL dan para guru karyawan. Malamnya dilanjutkan dengan sholat taroweh bersama yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Sihmanto. Sekitar pukul 08.15 malam, sesuai sholat taroweh, dilaksanakan tadarus al Qur’an bersama bertempat di laboratorium Biologi SMA Negeri 9 Purworejo. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi keagamaan oleh mahasiswa PPL yang dilanjutkan dengan pemutaran film Islami. Sekitar pukul 11.00 malam, para peserta mabit diminta untuk istirahat/ tidur malam. Paginya, setelah sholat shubuh diadakan kultum oleh Bapak Drs.H. Sihmanto. Para peserta pulang ke rumah masing-masing setelah terlebih dahulu dilaksanakan kebersihan ruang dan lingkungannya.

Sedangkan pemberian materi kegamaan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 22 Agustus 2011 bertempat di ruangan kelas masing-masing dan melibatkan 30 orang penceramah. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 s.d. 11.15. Seiring dengan itu, dilaksankan pembagian zakat fitrah kepada yang berhak menerimanya setelah beberapa hari sebelumnya dikumpulkan dari para siswa yang beragama Islam. Kegiatan ini dilaksanakn oleh Bagian Kesiswaan dan STP2K SMA Negeri 9 Purworejo.
 


    Kirim Komentar