Kunjungan Delegasi SMA Negeri 9 Purworejo ke Sekolah Seri Puteri Selangor Malaysia

 Atas undangan Sekolah Seri Putri (SSP) Malaysia, delegasi SMA Negeri 9 yang berjumlah 7 orang bersama dengan 5 orang delegasi SMA Negeri 5 Purworejo mengikuti kegiatan “IIIS Immersion and Homestay” di Sekolah Seri Putri Selangor Malaysia. Mereka adalah Bapak Nur Aziz, M.Pd, Bpk Drs. H. Sihmanto, Ibu Ratna Dewi Sukowati, S.Pd., Ibu Dyah Ratnaningrum, S.Pd (bersama suami dan putri semata wayangnya), serta Ibu Dra. Sudinem. Sedangkan anggota delegasi SMA Negeri 5 adalah Ibu Nikmah Nurbaity, M. Pd., Ibu Tatik Sulanjari, S.Pd., Bapak Marsono, S. Pd., dan dua orang siswanya yakni Adrianus dan Sukma Hernanda. Mereka berada di sana selama satu pekan penuh terhitung mulai tanggal 2 Juli 2012. Mereka berkunjung ke negeri jiran tersebut atas biaya pribadi masing-masing.

Selama kunjungannya di Malaysia mereka menginap di Sekolah Seri Puteri Cyberjaya Selangor Malaysia, bersama dengan delegasi-delegasi dari India, Italia dan Singapura. Adapun sekolah-sekolah yang menjadi objek kunjungannya adalah SSP Cyberjaya sendiri, Sekolah Alam Shah Putra Kualalumpur, dan Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Puchong. Pada setiap setiap sekolah para peserta berkesempatan mengamati kegiatan kelas, kegiatan laboratorium, perpustakaan, administrasi, kantin, taman sekolah, dan sebagainya. Mereka juga mengadakan kunjungan ke “national monument”, Melaca, “Genting Hihgland”, Pameran Bunga Internasional, serta ke Mesjid Apung. Mereka juga mengikuti berbagai acara jamuan makan, pentas seni, permainan, dan sebagainya, yang membuat mereka betah berada di Malaysia.

Dalam kesempatan itu pula diadakan tukar-menukar cendera-mata antara delegasi Indonesia dengan tuan rumah. Juga sempat ditandatangani MOU Pengembangan Sekolah antara Kepala SMA Negeri 9 Purworejo dengan Pengetua SSP Cyberjaya Selangor Malaysia.

Setelah berada di sana sekitar satu pecan, maka para anggota delegasi pada umumnya sangat terkesan dengan keadaan sekolah yang sangat luar biasa. Bagusnya kondisi sekolah beserta segenap fasilitas dan lingkungannya, tingginya tingkat disiplin para warga sekolahnya, serta tertibnya segala macam pelayanan administrasi dan kearsipan, membuat mereka terisnpirasi untuk menerapkan apa yang mereka amati di sana pada sekolah kita di sini. Semoga kunjungan mereka ke negeri jiran tersebut akan membawa dampak yang sangat berarti bagi perkembangan sekolah kita. Amien.


    Kirim Komentar