BERBAGAI ACARA WARNAI KEGIATAN RAMADHAN 1433 H

 Berbagai acara dilaksanakan dalam rangka mengisi kegiatan bulan Ramadhan 1433 H pada tingkat SMA Negeri 9 Purworejo. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh warga sekolah dan dikemas dalam sebuah kepanitiaan khusus di bawah koordinasi Waka Kesiswaan. Setelah selama dua minggu sejak awal puasa dilaksanakan pembelajaran rutin seperti biasa, maka satu minggu berikutnya diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan sbb.:

1. Pesentren Kilat

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa tanggal 6 dan 7 Agustus 2012. Dengan mengerahkan seluruh personil guru dan mahasiswa PPL, setiap hari para siswa mendapatkan 8 jam ceramah keagamaan berdurasi masing-masing 30 menit. Tentu saja didahului oleh tadarus sebagaimana dilaksanakan sebelum KBM. Materi meliputi: aqidah, akhlaq, al-Qur’an, ibadah, muamalah dan tarikh.


2. Lomba Kegamaan

Macam lomba dilaksanakan adalah: lomba adzan, lomba hafalan surat-surat pendek, lomba baca Qur’an tartil, lomba pidato,lomba kaligrafi, lomba busana muslim dan lomba menyanyi lagu-lagu Islami. Peserta berasal dari seluruh kelas dengan rata-rata peserta untuk masing-masing cabang adalah 2 orang. Yuri diambilkan dari para guru dan mahasiswa PPL. Adapun para pemenangnya akan diumumkan pada kesempatan-kesempatan yang akan datang.


3. Zakat Fitrah

Dari pengumpulan zakat fitrah yang dilakukan oleh OSIS SMAN 9 Purworejo, terkumpul 44 bungkus beras dan uang sebesar Rp. 2.380.000,-, yang selanjutnya disalurkan kepada yang berhak menerimanya dari beberapa desa terdekat ( Jatimalang, Geparang, Nampurejo dan Ngentakrejo) di samping juga dieruntukkan bagi para siswa sendiri yang kurang mampu. Pembagian dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Agustus 2012.


4. Pengajian Akbar

Pengajian akbar bertemakan motivasi menuju sukses ala Qur’ani dibawakan oleh Ustadz Deden Hamzah dari Purworejo. Sedangkan para peserta adalah seluruh siswa, guru dan karyawan serta mahasiswa PPL. Tampak kegiatan berlangsung sangat meriah dan diikuti secara antusias oleh semua peserta.


5. Khatmil Qur’an

Setelah tadarus selama kurun waktu tiga minggu (pada jam pertama), akhirnya Sabtu, 11 Agustus 2012, khatmil Qur’an dapat dilakukan secara khidmat. Khatmil dilaksanakan oleh beberapa siswa dari masing-masing kelas membacakan surat-surat terkahir dalam al-Quran dengan disimak oleh seluruh siswa dari masing-masing kelas. Doa khatmil Qur’an dipimpin oleh Bapak Asmawi, S. Ag. Dan diamini oleh seluruh guru/ karyawan dan para siswa.




6. Buka Bersama

Acara buka bersama dilakukan pada hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2012 mulai pukul 15.30 WIB. Acara dihadiri oleh sekitar 83 siswa (dari rohis, OSIS dan perwakilan kelas), para guru dan karyawan, serta para pengurus komite sekolah. Adapun rangkaian acaranya adalah: reorganisasi pengurus Rohis, dialog keagamaan oleh Ibu Dyah Ratnaningrum, S.Pd dan kultum oleh Bapak Drs. H. Sihmanto.


7. Malam Bina Iman dan Taqwa

Setelah buka bersama pada sore harinya, maka pada malam harinya dilaksanakan malam bina iman dan taqwa. Kegiatan ini diisi dengan taraweh berjamaah, pengajian, dan nonton film Islami. Pagi harinya, seusai makan sahur dilaksanakn shalat subuh berjamaah dan pengajian. Mabit diakhiri pada sekitar pukul 06.30 pagi, bersambung dengan libur menjelang Idul Fitri 1433 H.


Semoga berbagai kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi kita semua, dalam rangka peningkatan iman dan taqwa kita guna mencapai predikat ‘muttaqien” dan memperoleh “maghfirah” dari Allah Swt. Amien. Ya Rabbal ‘alamien.


    Kirim Komentar