PELATIHAN SISWA DAN GURU DALAM RANGKA KEGIATAN PARTNERSHIP TAHUN 2013

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM sekolah, baik siswa mapun gurunya, SMA Negeri 9 Purworejo pada tahun 2013 ini menyelenggarakan “Pelatihan Kreasi Tari bagi Siswa Berbakat”, “Pelatihan PMR Wira” dan “Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis TIK”, yang masing-masing dilaksanakan dengan bekerja sama dengan instansi lain yang menjadi partnership sekolah. Pelatihan kreasi tari dilaksanakan bekerja sama dengan Sanggar Tari “Tut Wuri Handayani” Ngombol, Purworejo; pelatihan PMR Wira dengan PMI Cabang Purworejo; sedangkan Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran berbasis TIK bagi Guru dilaksanakan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo (melalui PPTIK).
Kegiatan pelatihan tersebut didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Bantuan Sekolah Menengah yang Menjalin Partnership Tahun 2013, dan berlangsung dari tanggal 27 Agustus s.d. 17 Oktober 2013. Pelatihan kreasi tari dilaksanakan dalam 20 kali tatap muka ( 2 jenis tari dengan masing-masing 10 kali latihan); Pelatihan PMR Wira 12 kali tatap muka; sedangkan Pelatihan Perancangan Media Ajar berlangsung dalam 6 kali tatap muka. Khusus untuk pelatihan perancangan media ajar, di samping diikuti oleh semua guru SMA Negeri 9 Purworejo, juga diikuti oleh 12 guru dari sekolah lain yang menjadi partnership bagi SMAN 9 (SMAN 1, SMAN 3, SMPN 8, SMPN 11, SMPN 17, dan SMPN 27)
Dalam sambutannya pada acara pembukaan pelatihan yang dilaksanakan secara serempak pada tanggal 15 September 2013, Kepala SMA Negeri 9 Purworejo, Bapak Nur Aziz, S.Pd., M.Pd.BI, berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar kegiatan ini benar-benar memberikan kontribusi positif bagi meningkatkan kualitas SDM (baik siswa maupun guru) pada SMA Negeri 9 Purworejo. Sedangkan perwakilan dari partnership, yang diwakili oleh Kepala PPTIK UMP, Bapak Endro Purnomo, S.Kom., M.Cs, menyampaikan terima kasihnya atas dilaksanakannya kegiatan partnership ini serta berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini dapat senantiasa dilaksanakan dalam berbagai bidang.
Adapun jumlah masing-masing peserta pelatihan adalah 4 orang siswi untuk pelatihan kreasi tari, 32 orang siswa untuk pelatihan PMR serta 40 orang guru untuk pelatihan perancangan media ajar berbasis TIK. Semua peserta akan memperoleh sertifikat pelatihan yang ditandatangani bersama oleh Kepala Sekolah dan Partnership. Khusus untuk para peserta pelatihan kreasi tari, mereka sekaligus dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan pementasan seni budaya antar-bangsa yang akan diselenggarakan bulan Oktober 2013 mendatang bertempat di sister schools (Selangor, Malaysia).

(Tim Publikasi Sekolah)
 


    Kirim Komentar