REGU TARI SMAN 9 PENTAS DI SELANGOR, MALAYSIA

Selama sepekan delegasi siswa dan guru SMA Negeri 9 Purworejo, yang terdiri atas 5 orang siswa dan 6 orang guru mengadakan kunjungan budaya ke 4 sekolah yang menjadi “school sister” SMA Negeri 9 Purworejo di Selangor Malaysia. Delegasi siswa terdiri atas ketua OSIS SMA Negeri 9 Purworejo, Sri Hartini (XI IPA), beserta empat orang penari, yakni Kiki Prilioni (XII IPA), Rendry KPK (XII IPS-3), Dwi Lestari (X-2) dan Tiara Agustina (X-4). Sedangkan delegasi guru adalah Ibu Nunung Suciasih, S.Pd. (Pelatih Tari yang juga Pimpinan Sanggar Tari “Tut Wuri Handayani” Ngombol, Purworejo, Bapak Tri Sewaya, S.Pd., Bapak Drs. Kolib Sugiarto, Bapak Imam Maslah, S.Pd., dan Ibu Sulami, S.Pd. Delegasi dipimpin langsung oleh Bapak Nur Aziz, S.Pd., M.Pd.BI, Kepala SMA Negeri 9 Purworejo.

Adapun sekolah yang dikunjungi adalah Sekolah Seri Puteri, SMK Puchong Perdana, SMK Puchong, dan SMK Alam Megah. Delegasi menginap selama satu minggu di asrama sekolah Seri Puteri. Delegasi disambut oleh mereka secara meriah dan penuh kekeluargaan. Dan sesuai misi kunjungan, yakni pertukaran budaya dalam bentuk tarian, delegasi menampilkan dua tarian yang merupakan hasil pelatihan kreasi tari selama 2 bulan, yakni tari “Indonesia Ceria” dan tari “Paes”. Pementasan pertama di lakukan di SMK Puchong yang dipadukan dengan Tari India dan Malaysia oleh para penari dari sekolah tersebut ( Rabu, 23 Oktober 2013). Pementasan kedua dilakukan di SMK Puchong Perdana pada hari Kamis, 24 Oktober 2013, yang dibersamakan dengan pementasan tari perpaduan (India, China dan Melayu) serta bareng dengan acara penganugerahan NILAM dari sekolah tersebut. Sedangkan pada hari Jumat, 25 Oktober 2013 pementasan dilakukan di SMK Alam Megah yang dipadukan dengan Tarian Rakyat dan tari India kreasi anak-anak sekolah yang bersangkutan. Gembar di atas adalah pementasan tari “Paes” di SMK Puchong Perdana.Selama sepekan pula, para guru mengadakan studi banding ke empat sekolah tersebut.

Sabtu, 26 Oktober 2013, agenda delegasi adalah jalan-jalan ke Melaka, yakni ke Wisata Air, Museum kapal dan Pusat Cenderahati. Akhirnya, Minggu 26 Oktober 2013 delegasi kembali ke Indonesia dengan selamat dan siap mengembangkan apa yang mereka dapat dari Malaysia.

Kunjungan kebudayaan tersebut dilaksanakan dalam rangka kegiatan School Partnership SMA Negeri 9 Purworejo ke 4 school sisters di Selangor, yang dibiayai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Pembinaan SMA Kementerian P dan K melalui Dana Bantuan Operasional Sekolah yang Menjalin Partnership tahun 2013. (Tim Publikasi Sekolah)

 


    Kirim Komentar