29 SISWA IBDP MCKK MALAYSIA IKUTI HOME STAY PROGRAM DI SMA 9 PURWOREJO

Sebanyak 29 Siswa yang didampingi 5 orang guru dari International Baccalaureate Diploma Programme Malay College Kuala Kangsar (IBDP-MCKK), Malaysia mengikuti program “home stay” selama 6 har di SMA Negeri 9 Purworejo. Para peserta “home stay” adalah para siswa dari International Bacheloreat Program, sebuah program pendidikan dua tahunan setelah tamat SMA yang menyiapkan para siswanya untuk memasuki berbagai perguruan tinggi ternama di United Kingdom (UK) atau United States (US).

Para siswa menginap di rumah-rumah penduduk di sekitar sekolah, sedangkan para guru menginap di Plaza Hotel di Purworejo.

Misi kedatangan mereka ke SMA Negeri 9 Purworejo, sebagaimana diungkapkan oleh pimpinan rombongan, yakni Aizat Afiq bin Muhammad, yang merupakan salah satu dari siswa peserta “home stay” adalah mengembangkan silaturahmi antar-bangsa, mengadakan tukar menukar budaya, serta mengkampanyekan “green environment” untuk keselamatan bumi. Untuk itu, agenda penting pertama adalah penyelenggaraan seminar international bertemakan “Pentingnya Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi international” dan “Budaya Melayu” dengan menghadirkan pembicara dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan dari MCKK Malaysia. Seminar tersebut dilaksanakan di Sanjaya Inn Hotel dan bekerja sama dengan MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Purworejo. Agenda penting lainnya adalah pengadaan project pembuatan “shopping bags” dari pakaian bekas untuk dibagikan kepada para penjual dan pembeli di pasar tradisional Desa Geparang. Shopping bags tersebut dibuat bersama dengan Pengurus OSIS SMA negeri 9 Purworejo dan dimaksudkan untuk mengkampanyekan “non-plastic bags”. Mereka juga membuat beberapa paket “litre of light” yang dipasang di beberapa rumah penduduk di sekitar sekolah. Adapun program tukar-menukar budaya dilakukan dengan mengadakan pentas bersama dalam bentuk: pembacaan puisi, pementasan tari, pementasan drama dan pementasan lagu dari kedua negara. Di samping program-program tersebut, mereka juga mengadakan “city tour” ke Yogyakarta dan sekitarnya. Objek kunjungan mereka adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kraton Yogyakarta, Taman Wisata Tamansari, dan Malioboro.

Kepala SMA Negeri 9 Purworejo, Nur Aziz, S.Pd., M.Pd.B.I., mengatakan bahwa kegiatan “home stay” tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan kegiatan partnership antara SMA Negeri 9 Purworejo dan MCKK, malaysia, dan juga untuk meningkatkan wawasan global bagi para siswa SMA Negeri 9 Purworejo agar mereka siap mental dalam menghadapi era AFTA yang segera akan kita masuki.

Rombongan meninggalkan Indonesia setelah terlebih dahulu bermalam di Yogyakarta. Rombongan kembali ke Malaysia pada hari Minggu, 26 Januari 2014, pada pukul 14.00 melalui bandara Adi Sucipto. Mereka senang sekali bisa melaksanakan kegiatan “home stay” ini dan bisa beraktivitas dan bermain bersama dengan siswa-siswi SMA Negeri 9 Purworejo.

(Tim Publikasi Sekolah)

 


    Kirim Komentar