SOSIALISASI PEMILU 2014 OLEH KPU PURWOREJO

Sabtu, 15 Februari 2014, dalam suasana penuh debu akibat dampak meletusnya Gunung Kelud, SMA Negeri 9 Purworejo bekerja sama dengan KPU Kabupaten Purworejo mengadakan sosialisasi pemilu 9 April 2014 kepada para siswa SMA Negeri 9 Purworejo yang telah memiliki hak pilih pada Pemilu 2014 mendatang. Tema kegiatan sosialisasi tersebut adalah “Anak Muda, Cerdas Berdemokrasi”. Acara dilaksanakan di Laboratorium Kimia ruangan sekolah dan dihadiri kurang lebih 80 siswa. Kepala Sekolah SMA 9 Purworejo Nur Azis, S.Pd, M.Pd.B.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa para siswa yang hadir adalah warga negara yang telah memiliki hak untuk menentukan masa depan bangsa. Oleh karena itu, diharapkan bahwa hak pilih ini digunakan dengan sebaik-baiknya. Pemaparan materi oleh KPU disampaikan oleh dua anggota KPU Kabupaten Purworejo, Purnomosidi, S.Pt dan Suwardiyo, S.Pd.

Selain dua anggota KPU, dalam acara tersebut hadir pula 2 anggota relawan demokrasi dan seorang anggota PPK Kecamatan Purwodadi. Kehadiran anggota KPU sendiri didampingi oleh 2 staf KPU yang ikut membantu kelancaran acara tersebut khususnya persiapan, dokumentasi dan simulasi.

Materi yang disampaikan Bapak Purnomosidi, S.Pt selaku Divisi Sosialisasi antara lain tentang arti penting pemilu, pemilu legislatif, peserta pemilu dan apa saja tugas dan kewenangan DPR/DPRD. Lebih lanjut dia menyerukan kepada siswa yang hadir, “ Pemilu adalah hak kita yang dijamin undang-undang, dan kita sebagai generasi muda hendaknya menggunakan hak pilih sebagai wujud tanggungjawab, pastikan kita terdaftar dan datang ke TPS pada tanggal 9 April nanti”. Dalam rangka menumbuhkan gerakan anti golput kepada siswa, beliau juga menyerukan pekik “ SAY NO TO GOLPUT !” yang dijawab “YES!”, menjadi patriot demokrasi sungguh merupakan kebanggaan, karena dengan semangat dan gelora kaum muda anda mendapat tempat istimewa untuk menggunakan hak suara untuk memilih pemimpin masa depan secara cerdas” imbuhnya.

Adapun materi sosialisasi yang disampaikan oleh Bapak Suwardiyo, S.Pd., selaku Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, lebih fokus pada materi, apa itu pemilih, bagaimana kita tahu kita sudah disebut pemilih, surat suara, bagaimana cara kita menggunakan hak pilih dan yang terkakhir simulasi. “ Jika Anda sudah 17 tahun pada bulan April 2014 tertanggal sebelum hari H, anda sudah seharusnya terdaftar sebagai pemilih” kata Suwardiyo. Lebih lanjut dikatakan bahwa siswa bisa mengecek apakah dirinya sudah terdaftar atau belum jika didalam DPT sudah tercatat dengan melihat didalam web kpu.go.id dan klik kotak Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2014 di sebelah kanan layar. Pada kesempatan tersebut, banyak peserta yang menyempatkan diri mengecek  apakah mereka sudah terdaftar pada DPT 2014 melalui web tersebut. Pada kesempatan itu juga, diadakan simulasi pencoblosan oleh sekitar 15 peserta sosialisasi dengan kertas suara, bilik suara dan kotak suara pencoblosan yang sudah disediakan oleh KPU. Setelah diadakan pengecekan, ternyata semuanya sudah benar.

Kegiatan sosialisasi dan pendidikan demokrasi bagi para pemilih pemula tersebut berlangasung selama kurang lebih 2.5 jam. Usai kegiatan, para peserta keluar ruangan dengan rasa puas. (Humas sekolah)

 


    Kirim Komentar