SMA Negeri 9 Raih Predikat Sekolah Adiwiyata Nasional 2014

Sebuah prestasi besar dapat dicapai oleh SMA Negeri 9 Purworejo di akhir tahun 2014 ini adalah dengan ditetapkannya SMA Negeri 9 sebagai “sekolah adiwiyata nasional” oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Predikat tersebut dituangkan dalam SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. 183 Tahun 2014 tanggal 10 Desember 2014 dan piagam penghargaan yang dikeluarkan bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diterimakan langsung kepada kepala sekolah di Auditorium "Manggala Wana Bhakti" Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Jendral Gatot Subroto, Slipi,Jakarta Pusat pada tanggal 22 Desember 2014.

Predikat sekolah adiwiyata nasional tersebut diperoleh berkat kerja keras seluruh warga sekolah selama beberapa tahun terakhir. Seleksi pun dilakukan secara bertahap mulai dari seleksi tingkat kabupaten oleh Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten, seleksi tingkat propinsi oleh Badan Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Tengah, dan terakhir dengan veriifikasi oleh petugas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Seleksi didasarkan atas pelaksanaan program-program adiwiyata sekolah secara menyeluruh yang mencakup bidang-bidang; kurikulum, kebijakan, pengelolaan sarana dan kegiatan berbasis partisipatif. Program-program tersebut dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah atas dasar prinsip partisipatif dan berkelanjutan, yang merupakan bentuk implementasi nyata dari salah satu unsur visi sekolah, yakni “peduli lingkungan”.

Menurut Kepala SMA Negeri 9 Purworejo, Dra. Fitarini, M.Si., prestasi tersebut merupakan sebuah prestasi luar biasa yang diperoleh oleh SMA Negeri 9 Purworejo dan merupakan hasil kerja keras tim sekolah yang handal. Untuk itu, beliau menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaannya kepada seluruh keluarga besar SMA Negeri 9 Purworejo, termasuk seluruh para siswanya, atas diraihnya predikat sekolah adiwiyata nasional tersebut serta berharap agar predikat tersebut dapat dipertahankan dengan tetap menggalakkan berbagai aspek program adiwiyata sekolah.


(Humas SMAN 9 Pwr)

 


    Kirim Komentar