LDKS SMA NEGERI 9 PURWOREJO 2022 (Leadership, Humanity and Innovation)

Rabu 24 Agustus 2022 Osis SMA Negeri 9 Purworejo mulai melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi mereka siswa kelas X atau XI yang menjadi pengurus osis periode 2022/2023. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai rabu hingga jum’at diikuti kurang lebih 50 siswa. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala SMA Negeri 9 Purworejo, Drs. Arif arvianta Achmad, M.Pd. Seluruh kegiatan dijadwalkan dimulai pukul 14.00 hingga 16.30 sehingga tidak akan mengganggu kegiatan belajar siswa. Berbagai materi akan disampaikan pada kegiatan LDK diantaranya:

  1. Program umum: Merupakan latihan wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta pelatihan yang menyangkut bahan-bahan atau materi yang menunjang penanaman kesadaran berbangsa dan bernegara.
  2. Program Pokok: Materi ini merupakan kegiatan yang langsung diperlukan dalam usaha meningkatkan kemampuan dibidang kepemimpinan.
  3. Program Penunjang: Program ini merupakan pengetahuan yang menunjang program pokok yang diharapkan lebih membuka cakrawala, pandangan para peserta pelatihan dalam usaha meningkatkan kemampuan dibidang kepemimpinan 

Hasil yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan pelatihan dasar kepemimpinan bagi pengurus OSIS SMA Negeri 9 Purworejo, adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  2. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kepribadian peserta didik sebagai calon pemimpin, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dengan baik.
  3. Peserta didik mempunyai kemampuan mengemukakan konsep dan gagasan serta dapat menerapkannya demi kemajuan organisasi dengan menerapkan prinsip KIS (koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi).
  4. Peserta didik memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan kecerdasan kinestesis.
  5. Meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan.
  6. Meningkatkan kemampuan berganisasi dan kesadaran berpolitik sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab.
  7. Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam tugas-tugas kepemimpinan.
  8. Memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik.
  9. Mendorong, mendidik serta mengarahkan potensi kepeminpinan.
  10. Menumbuhkan, meningkatkan dan memantapkan  kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa.
  11. Memberikan tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun, dan disiplin.

    Kirim Komentar