SMA NEGERI 9 ADAKAN KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR DASAR

Dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan semakin urgennya peningkatan kompetensi pembina pramuka dan dengan diakuinya penugasan pembina pramuka yang identik dengan 2 jam dalam kurikulum 2013, SMA Negeri 9 Purworejo bekerja sama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD), yang dilaksanakan pada tanggal 21 s.d. 25 Desember 2014 di SMA Negeri 9 Purworejo. Kursus tersebut diikuti oleh 34 orang peserta, yang terdiri atas 17 peserta dari SMA Negeri 9 Purworejo dan 17 peserta dari sekolah lain (SMA Negeri 3 Purworejo, SMP Negeri 10, 21, 27, 28, dan SMP Negeri 38 Purworejo, serta SD Mutiara Ibu Purworejo).

KMD dimulai pada tanggal 21 Desember 2014 dengan dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab Purworejo, Kak Drs. H. Bambang Aryawan, M.M., dan ditutup pada tanggal 25 Desember 2014 oleh Ka Kwarcab yang diwakili oleh Kabid Binamuda, Kak Sukoso DM., S.Pd. Para instruktur adalah para pelatih pramuka dari Pusdikcab kabupaten Purworejo, dengan dikoordinatori oleh Kak Sutoyo, S.Pd., M.Pd. sebagai pimpinan kursus. Hadir dalam malam api unggun Kakak Drs. H. Muh Wuryanto, M.M. selaku Kapusdikcab Pramuka Kabupaten Purworejo, yang notabene adalah Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Purworejo. Berbagai bentuk kegiatan yang dilaksanakan dilaksanakan dalam rangka KMD tersebut adalah adalah upacara pembukaan dan penutupan KMD, pendirian tenda, presentasi materi dan praktik lapangan, outbond,api unggun dan pentas seni, renungan malam dan jalan malam. Alhamdulillah semua bentuk kegiatan yang disiapkan oleh para pelatih dapat diikuti dengan baik oleh para peserta.

Atas dasar hasil penilaian yang dilakukan oleh para pelatih, pada saat penutupan diumumkan bahwa kesemuanya dinyatakan lulus dan berhak untuk memperoleh sertifikat KMD. Untuk selanjutnya, para peserta wajib melakukan pengembangan hasil KMD tersebut dalam pentuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada gugus depan masing-masing, selama 6 bulan, untuk dapat memperoleh surat hak bina dan sertifikat narakarya.

Meskipun melelahkan dan cukup menyita waktu, para peserta merasa senang atas terselesaikannya kegiatan KMD bagi mereka. Semoga hasil KMD tersebut mampu mendorong semangat para pesertanya untuk terjun ke dunia pramuka, dengan semboyan “Ikhlas Bhakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana.”. Hal ini juga sejalan dengan maksud diselenggarakannya KMD di SMA Negeri 9 Purworejo, sebagaimana diuangkapkan oleh Dra. Fitarini,M.Si. selaku kamabigus, yakni untuk membuat kegiatan pramuka di SMA Negeri 9 Purworejo semakin hidup, dinamis, dan lebih disukai oleh para siswa.

(Humas SMAN 9 Pwr)

 


    Kirim Komentar