LAPORAN AKSI NYATA MODUL1.1 PROGRAM GURU PENGGERAK

LAPORAN AKSI NYATA

MODUL 1.2 REFLEKSI FILOSOFI PENDIDIKAN INDONESIA           

KI HAJAR DEWANTARA

Oleh : Raden Daru Murti Tri Winarsa CGP Ak. 2 Kelas 60

 

 

A.  LATAR BELAKANG

Di masa pandemi covid-19 ini menjadikan kita harus mampu berkreasi dan berinovasi, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan khusunya di SMAN 9 Purworejo.

Pembelajaran daring merupakan salah satu cara untuk tetap menyajikan pelayanan pendidikan kepada murid. Berbagai masalah yang timbul seperti biaya kuota internet, Masalah kepemilikan peralatan TIK seperti Laptop, penggunaan menggunakan media pelajaran daring harus bisa diatasi dengan berinovasi.

Pembelajaran media daring di SMAN 9 menggunakan beberapa aplikasi, salah satunya WA. Dengan menggunakan aplikasi guru dan murid dapat berinteraksi secara langsung, baik menggunakan tulisan, suara, maupun video dan berbagi file. Dalam berkomunikasi dengan media sosial ini perlu pemahaman yang lebih, khususnya pesan dalam bentuk tulisan, karena bahasa tulis kadang berbeda maksud/arti dengan bahasa lisan.

 

B.  DESKRIPSI AKSI NYATA

Untuk mengantisipasi kesalahpahaman tersebut saya sebagai guru TIK mengambil peran untuk memberikan pembelajaran tentang berkomunikasi di media sosial.

  1. Minggu pertama

Menggali informasi dari guru dalam proses pembelajaran di kelas daring. Dan membuat kesepakatan untuk mengikuti pembelajaran daring yang dilakukan karena BK TIK tidak memiliki jam sendiri.

  1. Minggu kedua

Mengikuti pelajaran daring sesuai jadwal yang telah ditentukan. Berbagi informasi dan motivasi dalam penggunaan media sosial.

  1. Minggu ketiga

Memantau hasil pelaksanaan pembelajaran daring

  1. Minggu keempat

                    Memantau hasil pelaksanaan pembelajaran daring

C. HASIL DARI AKSI NYATA

Hasil yang diperoleh menunjukkan hal yang baik dalam berkomunikasi di media sosial yang digunakan untuk pembelajaran daring. Murid menjadi paham akan pentingnya berkomunikasi yang baik, terlebih dalam pelajaran sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

 

D.   PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT

Keberhasilan yang diperoleh :

Guru dan murid dapat berkomunikasi dengan baik dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Kegagalan yang diperoleh

Masih ada murid yang tidak mengikuti motivasi sehingga belum memperoleh motivasi dan belum dapat berbagi informasi / pengalaman yang pernah dialami dan mengambil pelajaran dari pengalaman tersebut.

 

E.  RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG

Rencana yang akan saya lakukan di masa mendatang melakukan komunikasi dan menjalin hubungan yang dekat dengan murid agar dapat memahami kebutuhan murid dan memberi motivasi serta selalu memantau sejauh mana pelaksanaannya.

F.  DOKUMENTASI

 

 

Gambar 1. Berbagi informasi

Gambar 2. Motivasi kepada murid dan membangun kesepakatan bersama

 

 


    Kirim Komentar