LAPORAN AKSI NYATA MODUL1.3 PROGRAM GURU PENGGERAK

LAPORAN AKSI NYATA

MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

Oleh : Raden Daru Murti Tri Winarsa CGP Ak. 2 Kelas 60

 

 

  1. LATAR BELAKANG

 

Dibukanya kembali KIHAJAR STEM mewujudkan merdeka belajar dengan memberikan pengalaman belajar yang kompetitif. Murid berkesempatan meng eksplorasi kemampuan masing – masing dengan berkolaborasi bersamarekan – rekan satu tim-nya.

Membimbing murid dalam program kihajar ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya. Dapat belajar berkolaborasi dengan Tim yang hebat, berbagi pengalaman bersama dan menentukan strategi bersama dan juga berproses bersama.

SMAN 9 Purworejo mewakilkan satu TIM untuk mengikuti KIHAJAR STEM ini. Satu tim terdiri dari tiga orang.

 

  1. DESKRIPSI AKSI NYATA

 

Berproses bersama murid, memfasilitasi dalam belajarnya dan membawa kodisi belajar yang menyenangkan menjadi tujuan utama meskipun harapan untuk juara atau masuk final sangat besar. Langkah – langkah pelaksanaan aksi nyata:

  1. Minggu pertama

Pemilihan tim berdasarkan kesepakatan bersama guru – guru di sekolah. Pemberitahuan ke murid untuk pembentukan Tim dan pengarahan

  1. Minggu kedua

Membangun kesepakatan TIM yang meliputi ketua, strategi belajar dan persiapannya

  1. Minggu ketiga

Pembimbingan dan pelatihan.

  1. Minggu keempat

Pembimbingan, pelatihan dan melaksanakan Tes KIHAJAR STEM

 

  1. HASIL DARI AKSI NYATA

 

Hasil dari aksi nyata ini berjalan dengan baik,  keberhasilan proses belajar dapat dilihat dari hasil tiga kali tes selalu menunjukkan nilai yang semakin baik. Murid bersemangat dalam belajar dan dapat bekerjasama dengan baik. Komunikasi yang dibangun dalam TIM berjalan dengan lancar dan baik. Dukungan dari sekolah yang sangat baik.

 

  1. PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT

 

Keberhasilan yang diperoleh :

  1. Membangun sebuah TIM dari hasil kolaborasi guru, dan manajemen sekolah dengan memetakan kekuatan positif yang dimiliki sekolah.
  2. Proses belajar yang berpihak kepada murid dapat dilaksanakan dengan baik, murid merasa senang dalam belajar dan pelaksanaan tes-nya dengan memanfaatkan kekuatan positif yang ada di sekolah.
  3. Proses pembelajaran berhasil dengan dibuktikan nilai latihan soal selalu meningkat.
  4. Murid mendapatkan pengalaman berkompetisi dengan baik

Kegagalan yang diperoleh

        Hasil tes akhir belum dapat membawa tim ke level berikutnya.

 

  1. RENCANA PERBAIKAN UNTUK PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG

 

  1. Menerapkan proses belajar yang berpihak kepada murid di dalam kelas.
  2. Memotivasi TIM yang sudah terbentuk untuk menggerakkan murid yang lain

 


    Kirim Komentar